HomeInfoCara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Scale, Bagaimana Teknisnya?
cara menghilangkan karang gigi dengan scale

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Scale, Bagaimana Teknisnya?

Cara menghilangkan karang gigi dengan scale mungkin kurang begitu familiar di telinga kita. Namun sebelum menjelaskan teknisnya lebih detil, ada baiknya untuk mengetahui sedikit tentang karang gigi.

Mengapa Karang Gigi Bisa Terjadi?

Menumpuknya sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik bisa memicu karang gigi. Karang gigi merupakan plak yang menumpuk untuk waktu yang lama, yang kemudian mengalami pengerasan. Plak gigi sejatinya masih bisa dicegah atau diatasi dengan cara menyikat gigi secara teratur, dua kali sehari. Namun apabila gigi jarang disikat, terlebih jika menyikatnya tidak bersih, maka plak gigi pun akan mengeras dan pada akhirnya menjadi karang gigi.

Karang gigi terbentuk setelah gigi tidak dibersihkan dalam kurun waktu 24 jam, baik itu dengan disikat ataupun kumur-kumur. Plak yang ada pada gigi akan menyerap fosfor dan kalsium yang terdapat pada air liur. Hal ini mengakibatkan plak yang sebelumnya masih dapat dibersihkan dan lunak jadi mengeras, sehingga menyebabkan terjadinya kalkulus atau karang gigi.

Jika telah terbentuk, maka salah satu cara menghilangkan karang gigi tersebut adalah dengan segera meminta bantuan dokter gigi. Karena bila kondisi ini diabaikan dalam waktu yang lama, risikonya bisa parah. Beberapa risiko yang mungkin terjadi meliputi inflamasi jaringan gigi & gusi, serta meningkatnya risiko sakit jantung.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Scale

Agar kondisinya tidak semakin parah dan bahkan menyebabkan inflamasi, maka perlu dilakukan proses pembersihan. Umumnya, dokter gigi akan melakukan pembersihan karang gigi dengan metode scale. Teknis mengenai cara menghilangkan karang gigi menggunakan metode scale adalah dengan membersihkan karang gigi yang terdapat di bagian putih gigi, bagian akar, ataupun pada perbatasan dengan bagian gusi.

Baca juga : Mengenal bagian-bagian gigi manusia

Sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi anda. Ceritakan juga lebih detail mengenai kondisi kesehatan anda saat ini maupun riwayat kesehatan anda. Hal tersebut perlu diceritakan karena akan mempengaruhi proses scale serta berhubungan dengan pemberian antibiotik yang berfungsi meminimalkan risiko-risiko yang bisa terjadi.

Dalam kondisi tertentu, seseorang bisa saja mempunyai risiko yang tinggi untuk mengalami infeksi parah. Adapun kondisi-kondisi yang memerlukan antibiotik sebelum dan sesudah melakukan proses scale biasanya terjadi pada orang yang pernah menjalani operasi pemasangan bagian tubuh buatan (seperti pinggul buatan) dan operasi katup jantung.

Sementara itu, orang yang mempunyai masalah terhadap sistem imun dan yang bermasalah dengan kesehatan jantung juga berisiko mengalami infeksi parah.

Proses Pembersihan

Saat proses pembersihan sudah mulai dilakukan, anestesi lokal akan diberikan dokter. Anestesi ini bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit selama proses pembersihan. Antibiotik juga mungkin diberikan jika pasien mempunyai kondisi tertentu. Alat yang digunakan dalam proses scale dan root planning ini cukup beragam, beberapa diantaranya adalah alat pengikis standar dan alat ultrasonik.

Penggunaan alat-alat tersebut bisa mempengaruhi tingkat kebersihan gigi, gusi, maupun sela-selanya. Sebagai contoh, alat ultrasonik bekerja membersihkan karang gigi dengan getaran yang nantinya menghasilkan gelembung-gelembung udara. Gelembung udara tersebut mampu membunuh bakteri anaerob, di mana jenis bakteri ini hanya bisa hidup dalam keadaan tanpa udara. Bakteri anaerob biasanya bersembunyi di sela-sela gigi maupun gusi. Meskipun demikian, metode ini memiliki beberapa kelemahan seperti tidak bisa menjangkau bagian-bagian gigi di dalam gusi.

Jika anda penasaran dan sedikit ingin kritis, anda bisa menanyakan pada dokter mengenai metode apa yang akan digunakannya untuk membersihkan karang gigi anda.

Setelah Proses Pembersihan

Agar proses penyembuhan berjalan baik dan demi mengurangi risiko terjadinya infeksi, umumnya dokter akan memberikan anda antibiotik, baik sebelum ataupun sesudah proses scale dilakukan. Antibiotik tersebut akan diaplikasikan diantara gigi dan gusi. Setelah satu minggu, antibiotik akan diangkat kembali.

Proses poles atau polish mungkin juga diperlukan untuk meningkatkan kebersihan gigi. Polish dilakukan agar noda atau tanda akibat karang gigi bisa dihapus. Proses scale dan polish bisa dilakukan lebih dari sekali apabila karang gigi dan plak sudah sangat menumpuk.


Cara menghilangkan karang gigi dengan scale bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi gusi dan gigi. Melakukan proses scale secara berkala membuat plak tidak menjadi karang gigi yang bisa memicu gingivitis atau infeksi gusi, atau bahkan kondisi lainnya yang lebih parah seperti radang tulang.

Baca juga : 6 Cara Mencegah Karies Gigi

Demikian informasi singkat mengenai cara menghilangkan karang gigi dengan scale. Meskipun proses scale bisa menjadi solusi efektif, namun bagaimanapun juga mencegah terjadinya karang gigi adalah hal yang terbaik. Untuk itu, pastikan selalu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dengan cara menggosok gigi dan berkumur secara rutin setiap hari.