HomeInfoMengenal Ragam Jenis Pasta Gigi : Pilih Yang Mana?
pasta gigi

Mengenal Ragam Jenis Pasta Gigi : Pilih Yang Mana?

Terdapat banyak merk dan jenis pasta gigi yang tersedia di pasaran. Para produsen saling berlomba-lomba untuk mempromosikan kelebihan produknya. Namun bagi konsumen yang concern terhadap kesehatan gigi dan mulutnya, maka memilih suatu produk pasta gigi yang tepat adalah hal krusial. Pasalnya, suatu produk yang diklaim bagus dan tepat untuk orang lain, belum tentu tepat baginya.

Lantas, bagaimana cara memilih jenis dan merk yang tepat untuk kita? Berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenai jenis-jenis pasta gigi beserta kandungan dan fungsinya masing-masing.

Pasta Gigi Ber-fluoride

Fluoride merupakan bahan mineral yang sangat penting. Fluoride memiliki peran dalam memperbarui mineral pada area gigi yang mulai mengalami kerusakan akibat zat asam.

Selain itu, fluoride juga bisa membantu lapisan luar gigi atau email agar tetap kuat dan terlindungi dari berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh zat asam hasil pengolahan makanan di dalam mulut. Anda sangat disarankan untuk memilih pasta gigi yang mengandung fluoride agar kesehatan gigi anda terjaga dengan baik dari risiko kerusakan.

Pasta Gigi Untuk Gigi Sensitif

Jenis ini umumnya mengandung strontium klorida atau potasium nitrat. Jika gigi anda terasa ngilu saat makan atau minum yang terlalu panas atau dingin, maka pasta gigi ini sangat direkomendasikan untuk anda pilih. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya membantu menghalangi saluran syaraf di gigi.

Meski begitu, pasta gigi ini hanya bersifat meredam saja, sehingga kurang maksimal untuk menangani gigi sensitif. Jika mengalami gigi sensitif, segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi.

Pasta Gigi Anti-Karang

Karang gigi merupakan plak atau lapisan bakteri pada gigi yang mengalami pengerasan seiring berjalannya waktu. Apabila tidak dibersihkan dengan segera secara rutin, maka bisa mengakibatkan penumpukan yang memicu penyakit gusi.

Beberapa produk pasta gigi ada yang mengandung bahan-bahan seperti zinc sitrat dan pirofosfat. Bahan-bahan tersebut diketahui bisa mencegah terbentuknya karang gigi. Selain itu, juga terdapat kandungan antibiotik triklosan yang berfungsi untuk membunuh bakteri dalam mulut.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa karang gigi sebenarnya hanya bisa dihilangkan oleh bantuan dokter gigi, tidak bisa hanya dengan menyikat gigi saja. Selain itu, pasta gigi anti-karang bahkan berisiko mengakibatkan gigi menjadi lebih sensitif terhadap rasa dingin. Sedangkan untuk plak, semua pasta gigi bisa membantu menghilangkannya terutama jika teknik menyikatnya tepat.

Pasta Gigi Pemutih

Jenis yang mengandung pemutih ini diklaim mampu membantu memutihkan gigi. Biasanya, pasta gigi jenis ini mengandung bahan peluruh yang berguna untuk menghilangkan noda pada gigi serta melapisinya, membuat gigi terlihat lebih cerah. Walaupun relatif aman digunakan setiap hari, pasta gigi dengan pemutih juga memiliki risiko untuk merusak email jika digunakan terlalu sering.

Terdapat pula pasta gigi dengan kandungan baking soda yang diklaim mampu menghilangkan noda pada gigi. Akan tetapi, bahan ini justru dapat kehilangan manfaatnya apabila terkena air dan hanya bisa menghilangkan noda pada permukaan gigi saja sehingga tidak mengubah warna asli gigi.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Kuning


Tips Memilih Pasta Gigi

Berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan dalam memilih pasta gigi :

  • Pastikan merk produk yang anda pilih sudah terdaftar di BPOM. Hal ini untuk memastikan bahwa produk tersebut aman digunakan.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan anda dan keluarga. Untuk balita, sebaiknya menghindari produk dengan rasa mint.
  • Pada dasarnya, sebagian besar produk pasta gigi yang ada di pasaran tidak memiliki perbedaan signifikan terkait komposisi maupun keefektifannya. Oleh sebab itu, anda sangat dibebaskan mencoba beberapa merk berbeda untuk menemukan produk yang paling tepat.
  • Anda juga bisa menanyakan pada dokter gigi mengenai rekomendasi pasta gigi yang tepat untuk anda.

Demikian informasi singkat mengenai pasta gigi yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.