HomeInfoKetahui 3 Manfaat Permen Karet Berikut Ini!!
manfaat permen karet untuk gigi mulut

Ketahui 3 Manfaat Permen Karet Berikut Ini!!

Manfaat permen karet – Permen karet banyak disukai anak-anak karena strukturnya yang kenyal, membuatnya bisa dikunyah-kunyah dan dapat dibuat menjadi balon sebagai hiburan. Hal ini tidak didapatkan pada permen jenis lainnya.

Meskipun permen sering dijadikan tumbal terkait kesehatan gigi yang buruk seperti gigi berlubang ataupun karies, namun tidak demikian halnya dengan permen karet, khususnya yang tidak mengandung gula.

Ragam Manfaat Permen Karet

Mengunyah permen karet diketahui dapat memberikan manfaat positif terhadap kesehatan, seperti memperbaiki memori dan bahkan membantu mengurangi berat badan. Manfaat lainnya adalah membantu mengurangi kebiasaan merokok serta dapat menyegarkan bau napas.

Untuk memperoleh manfaat-manfaat tersebut, kualitas permen karet yang dianjurkan untuk dipilih adalah jenis yang tidak mengandung gula. Biasanya, rasa manis dari permen karet jenis ini berasal dari pemanis buatan seperti xylitol, sorbitol, ataupun aspartam.

Pemanis tersebut diketahui tidak menyebabkan kavitas atau lubang-lubang kecil pada gigi. Selain itu, permen karet bebas gula sangat rendah kalori, sekitar 5 kalori. Sedangkan permen karet biasa mengandung 10 kalori.

Berikut ini adalah ulasan detil mengenai manfaat permen karet yang bisa anda peroleh, diantaranya adalah :

1. Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut

Perlu anda ketahui bahwa permen karet bukanlah pengganti fungsi dari menggosok gigi. Akan tetapi, mengunyahnya secara rutin sekitar 20 menit sehabis makan diketahui bisa membantu produksi air liur atau saliva. Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat membantu menyingkirkan bakteri dari gigi secara efektif.

Dengan meningkatnya produksi air liur, zat asam yang berasal dari bakteri pengurai makanan akan berkurang. Jika tidak dibersihkan atau dihilangkan, zat asam tersebut bisa merusak lapisan gigi dari seiring berjalannya waktu.

Manfaat lain dari mengunyah permen karet adalah membantu mengurangi risiko kerusakan gigi. Permen karet, khususnya yang mengandung xylitol, mampu membantu mengurangi terbentuknya lubang-lubang kecil di gigi.

Meski manfaat yang ditawarkan cukup banyak, anda tetap harus memperhatikan kebiasaan mengunyah permen karet. Jika anda merasakan nyeri atau sakit pada rahang, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut sementara sampai kondisi anda membaik.

2. Membantu Kerja Otak

Terdapat hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet bisa memperbaiki area kognitif seperti memori kerja, memori episodik, dan kecepatan dalam mengolah persepsi. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lanjutan yang lebih luas untuk mengonfirmasi temuan tersebut.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Diungkapkan dari sebuah penelitian yang menghasilkan temuan bahwa individu yang mengunyah permen karet secara rutin cenderung menerima asupan kalori yang lebih sedikit ketika makan siang dibandingkan dengan mereka yang tidak mengunyah permen karet. Hal ini berarti bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mengontrol nafsu makan seseorang.

Selain itu, hasrat untuk ngemil atau mengonsumsi camilan jadi lebih berkurang. Meski demikian, anda tetap tidak bisa hanya mengandalkan permen karet jika ingin menurunkan berat badan. Anda tetap harus menjalani pola makan sehat serta seimbang yang didukung dengan aktivitas fisik secara rutin.


Dari semua manfaat yang ditawarkan, permen karet juga bisa memberikan dampak terhadap kesehatan, khususnya kandungan sorbitolnya. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa makan 16 buah permen karet yang memiliki kandungan sorbitol berisiko mendorong seseorang untuk terkena diare pada kondisi orang normal. Hal ini karena dosis sorbitol yang tinggi bisa memberikan efek seperti obat pencahar.

Maka dari itu, perhatikan dulu kandungan permen karet yang akan anda konsumsi. Mengonsumsi permen karet terlalu banyak tetap berpotensi mengakibatkan erosi pada gigi. Jangan lupa untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi & mulut secara rutin setiap hari. Demikian artikel tentang manfaat permen karet, semoga bermanfaat.