HomeTipsCara Memutihkan Gigi Secara Alami, Mungkinkah??
cara memutihkan gigi secara alami

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Mungkinkah??

Memilih cara memutihkan gigi secara alami merupakan salah satu opsi yang baik dan cukup mudah dilakukan. Meskipun hasilnya tidak sehebat penanganan oleh dokter gigi, namun cara memutihkan gigi secara alami layak untuk dipertimbangkan. Hal ini karena metode yang lebih menekankan ke arah gaya hidup sehat dan melibatkan bahan alami ini dirasa aman untuk dilakukan dan tidak memberikan efek samping yang berbahaya.

Gigi putih sering dikaitkan dengan ciri-ciri seseorang yang lebih cantik atau tampan. Padahal seiring bertambahnya umur, warna gigi akan berubah. Contohnya, gigi bayi yang tadinya putih, lama-kelamaan akan berubah menjadi sedikit kusam karena terjadi perubahan struktur mineral di gigi secara alami. Lapisan enamel gigi jadi lebih tipis serta mengandung fosfat dan pori-pori yang lebih sedikit. Sementara itu, warna gigi bisa menjadi lebih gelap dikarenakan timbunan noda dari minuman atau makanan.

Warna gigi yang cenderung kusam mungkin dianggap bermasalah bagi sebagian orang. Maka tak heran mereka mencari berbagai cara memutihkan gigi, mulai dari yang menggunakan metode teknologi laser sampai bleaching. Metode-metode tersebut memang efektif untuk memutihkan gigi, namun juga memiliki risiko atau efek samping tertentu, seperti gigi jadi lebih sensitif atau iritasi gusi.

Di sisi lain, pasta gigi yang mengklaim bisa memutihkan gigi juga memiliki risiko jika digunakan berlebihan dalam jangka panjang seperti menipiskan enamel gigi atau bahkan bisa membuat warna gigi semakin gelap.

Tips Agar Gigi Tidak Gampang Kusam

Dari latar belakang itu semua, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mempertimbangkan cara memutihkan gigi secara alami yang lebih aman dan murah. Bahan-bahannya pun cukup mudah diperoleh, dan secara teknis juga mudah dilakukan. Namun sebelumnya, ketahui beberapa hal berikut ini terlebih dahulu :

  • Hindari makanan dan minuman yang bisa meninggalkan noda, seperti yang mengandung xanthonoids atau carotenoids.
  • Batasi konsumsi minuman dengan kandungan tannin seperti anggur merah, teh, soda, dan kopi. Untuk meminumnya, anda bisa menggunakan sedotan agar risiko noda yang tertinggal dapat diminimalkan.
  • Batasi juga konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi seperti sirup, madu, minuman kemasan, kopi, dan teh. Hal ini karena gula merupakan salah satu penyebab noda di gigi. Sebaliknya, perbanyak minum air.
  • Batasi konsumsi makanan yang bisa menempel di gigi seperti permen atau karamel.
  • Berhenti merokok. Selain bisa memicu kanker mulut, merokok juga bisa membuat gigi kuning.

Perbanyak konsumsi makanan yang bisa membuat gigi putih secara alami

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi serta membuatnya lebih bersih.

  • Sayur dan buah segar bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan membuatnya tampak bersih. Akan tetapi, batasi konsumsi buah-buahan dari kelompok sitrus.
  • Apel, seledri, dan wortel kaya vitamin C. Selain itu, makanan-makanan tersebut bisa membantu meningkatkan produksi air liur untuk menghilangkan plak gigi. Di sisi lain, vitamin C juga bisa membantu memperkuat gusi serta membunuh bakteri penyebab bau mulut.
  • Susu rendah lemak dan kacang-kacangan juga berperan dalam memperkuat gigi. Hal ini berkat kandungan protein dan kalsium di dalamnya.
  • Sama seperti apel dan seledri, keju padat juga dapat membantu meningkatkan produksi air liur sehingga bakteri penyebab noda pada gigi bisa dihilangkan.
  • Stroberi mengandung asam malat alami yang dapat membantu menghilangkan noda di gigi. Potong stroberi menjadi beberapa bagian, lalu gosokkan pada gigi anda, dan diamkan sejenak kurang lebih selama 1 menit. Setelah itu berkumurlah.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Menggunakan Bahan Alami

Melibatkan bahan-bahan tertentu langsung pada gigi diketahui cukup ampuh untuk memutihkan gigi. Beberapa bahan tersebut adalah :

1. Pisang

Pisang mengandung mangan, potasium, dan magnesium yang bisa membantu menghilangkan noda kuning di gigi. Teknisnya adalah dengan mengusapkan bagian dalam kulit pisang matang ke gigi. Setelah itu anda cukup berkumur dan menyikat gigi menggunakan pasta gigi biasa setelah sebelumnya dibiarkan sekitar 15 menit.

2. Jeruk

Jeruk memiliki bagian berwarna putih antara kulit dan daging buahnya. Bagian tersebut mengandung d-limonene yang diketahui bisa membantu menghilangkan noda di gigi. Kupaslah jeruk secara perlahan agar bagian kulit tersebut tidak terbuang. Setelah itu, gosokkan bagian kulit tersebut pada gigi. Tunggu dan biarkan kurang lebih hingga 5 menit, kemudian kumur dan sikatlah gigi seperti biasa. Lakukan hal ini setiap hari hingga 3 minggu.

3. Pasta Stroberi

Cara memutihkan gigi secara alami bisa melibatkan buah stroberi. Siapkan 1-3 buah stroberi matang ukuran besar, haluskan. Campurkan dengan 1/2 sendok teh baking soda. Nantinya, campuran stroberi-baking soda ini menjadi pasta yang bisa dioleskan pada sikat gigi, sehingga anda cukup menggosokannya pada gigi seperti layaknya anda menyikat gigi sehari-hari. Biarkan hingga 5 menit, kemudian kumur dengan air. Setelah itu, sikatlah gigi dengan pasta gigi biasa.

4. Arang Aktif

Mungkin anda belum mengetahuinya, namun salah satu cara memutihkan gigi secara alami bisa dilakukan dengan bantuan arang aktif. Arang aktif diketahui bisa menjadi bahan pemutih gigi alami yang cukup efektif dan aman bagi mulut.

Arang aktif berperan sebagai bahan obat dan mampu menyerap bahan kimia seperti obat-obatan. Hal ini membuat arang aktif mampu mengatasi asam atau gas dari usus. Apabila bubuk arang aktif digosokkan ke gigi, maka bahan ini bisa membantu menghilangkan noda di gigi dengan waktu penggunaan selama beberapa minggu.

Anda juga bisa mengoleskannya pada sikat gigi layaknya pasta gigi biasa. Aplikasikan pada gigi, gosok secara memutar. Pastikan sebelum mengaplikasikannya, anda menggunakan sikat gigi yang berbeda dengan yang biasa anda pakai setiap hari. Setelah itu, kumur dengan air yang kemudian dilanjutkan dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi seperti biasa.


Selain cara-cara tersebut, anda bisa berkumur dengan campuran air hangat dan jus lemon seminggu sekali. Jangan lupa untuk tetap selalu menggosok gigi 2 kali sehari dan mengunjungi dokter gigi secara rutin sebagai bentuk perawatan dalam mencegah melekatnya noda di gigi.

Itulah beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa anda terapkan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.