HomeInfo6 Penyebab Gigi Rusak – Ketahui Kebiasaan Buruk Yang Menjadi Pemicunya
penyebab gigi rusak

6 Penyebab Gigi Rusak – Ketahui Kebiasaan Buruk Yang Menjadi Pemicunya

Penyebab Gigi Rusak – Gigi merupakan salah satu aset yang harus kita jaga kesehatannya. Sama seperti bagian tubuh lainnya, gigi juga memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Tanpa adanya gigi, tentu kita akan kesulitan untuk makan dan berbicara. Apabila kesehatan gigi tidak dijaga dengan baik, maka gigi bisa rusak dan akan mempengaruhi hidup anda sehari-hari.

Kesehatan mulut diketahui bisa menjadi indikator dalam menentukan kondisi tubuh seseorang secara keseluruhan. Mulut dan gigi yang kesehatannya terjaga dengan baik bisa mencegah perkembangan bakteri. Sebaliknya, jika kesehatan gigi mengalami masalah, maka akan memicu berbagai kondisi-kondisi tertentu seperti kerusakan gigi, infeksi oral, hingga penyakit gusi.

Beberapa Penyebab Gigi Rusak

Gigi rusak bisa disebabkan dari kebiasaan-kebiasaan ‘buruk’ seperti menyikat gigi terlalu keras, mengunyah es batu, dan lain sebagainya. Untuk mencegah gigi rusak serta memburuknya kesehatan mulut secara keseluruhan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, diantaranya adalah :

1. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Menggosok gigi tentunya merupakan hal yang baik. Namun jika aktivitas ini tidak dilakukan dengan benar, maka bisa menimbulkan masalah. Alih-alih untuk mencegah gigi rusak, menyikat gigi terlalu keras bisa membuatnya mengalami kerusakan.

Menyikat gigi terlalu keras berpotensi merusak enamel gigi. Apabila enamel mengalami kerusakan, gigi berisiko mengalami iritasi sehingga jadi lebih sensitif terhadap makanan atau minuman dingin. Selain itu, rusaknya enamel gigi juga bisa memicu gigi berlubang.

Maka dari itu, anda disarankan untuk menyikatnya secara perlahan dan lembut, serta menggunakan sikat gigi yang bulunya halus.

2. Mengunyah Es Batu

Jika anda mempunyai kebiasaan mengunyah es batu, maka berhati-hatilah, karena hal ini bisa memperbesar risiko gigi mengalami kerusakan. Mungkin anda menganggapnya sepele, namun mengunyah benda sekeras dan sedingin es batu memberikan risiko pada gigi untuk mengalami keretakan.

Apabila kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, maka jaringan lunak gigi bisa mengalami kerusakan. Saat kerusakan terjadi, maka bersiaplah untuk mengalami sakit gigi. Sebagai ganti untuk menghentikan kebiasaan tersebut, sebaiknya anda mengunyah permen karet tanpa gula.

3. Mengisap Lemon

Gigi rusak juga bisa terjadi jika anda sering mengisap lemon. Terlepas dari berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan, lemon mengandung asam yang sangat tinggi. Tingginya kandungan asam pada lemon berisiko membuat enamel gigi mengalami pengikisan. Salah satu tanda jika gigi telah terpapar zat asam bisa diketahui dari kasarnya tekstur permukaan gigi.

4. Membuka Kemasan Dengan Gigi

Apabila anda sering menggunakan gigi anda untuk membuka atau menyobek kemasan camilan, atau bahkan untuk membuka botol minuman, maka sebaiknya jangan dilakukan lagi. Fungsi utama gigi adalah untuk mengunyah makanan sehingga bisa membantu proses pencernaan dalam lambung.

Hal ini juga memberitahukan kepada anda bahwa ‘menyuruh’ gigi untuk merobek kemasan adalah tidak tepat, dan memang bukan tugasnya. Dan jika aktivitas tersebut dilakukan secara terus-menerus, maka gigi bisa retak atau bahkan patah.

5. Sering Makan Camilan

Kebiasaan lainnya yang juga memicu gigi rusak adalah sering makan camilan secara berlebihan. Makan camilan secara berlebihan dapat memberikan efek buruk seperti terhambatnya produksi air liur dan terselipnya sisa-sisa makanan di antara gigi. Solusinya cukup sederhana, batasi konsumsi camilan dan usahakan memilih camilan yang rendah gula serta rendah pati.

6. Obat-Obatan Tertentu

Gigi rusak juga mungkin disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Jika anda sedang menjalani proses penyembuhan, anda juga bisa menanyakan pada dokter tentang obat-obatan yang berpotensi mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Sebagai informasi, obat antihistamin dapat menyebabkan kondisi mulut kering sehingga ikut memicu terhambatnya produksi air liur. Jika produksi air liur terganggu, maka hal tersebut juga bisa memicu timbulnya gigi berlubang.


Itulah beberapa penyebab gigi rusak dan tips sederhana untuk mencegahnya. Dengan mengetahui apa saja penyebab dan cara mencegah gigi rusak, diharapkan kesehatan mulut dan gigi anda tetap terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

Baca juga :  6 Cara Mencegah Karies Gigi