HomeTips5 Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui,Manjur!
Gambar Foto Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Menyusui Alami Tradisional Aman

5 Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui,Manjur!

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui, GigiBerlubang.com – Sakit gigi dapat dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali oleh ibu menyusui. Bahkan, menurut beberapa penelitian, ibu hamil dan menyusui biasanya lebih rentan terserang sakit gigi dibandingkan dengan orang biasa.

Berbeda dengan sakit gigi yang terjadi pada kebanyakan orang, sakit gigi pada ibu menyusui biasanya hanya boleh diatasi dengan cara – cara tertentu saja. Ibu hamil biasanya tidak diperbolehkan mengonsumsi berbagai macam obat sakit gigi yang terbuat dari bahan – bahan kimia. Hal ini dikarenakan, kandungan bahan kimia dapat mempengaruhi struktur kandungan ASI yang akan dikonsumsi oleh bayi.

Lantas obat sakit gigi untuk ibu hamil apaan dong? Menurut beberapa sumber yang kami baca, berikut ini merupakan beberapa obat sakit gigi yang telah terbukti aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui :

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui Secara Alami Tradisional

  1. Air Garam

Gambar Foto Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Menyusui yang AmanObat sakit gigi yang aman dikonsumsi oleh ibu menyusui yang pertama adalah air garam. Air garam telah terbukti ampuh membasmi bakteri penyebab gigi berlubang yang ada di dalam rongga mulut dan gigi, namun tidak mengganggu produksi ASI sama sekali. Untuk menggunakan air garam sebagai obat sakit gigi, Anda hanya perlu membuat lauran air garam (menggunakan air hangat), lalu berkumur – kumur menggunakannya (Air garam).

  1. Kompres dengan Handuk yang Telah Dibasahi Air Hangat

Cara mengobati sakit gigi pada ibu menyusui yang kedua adalah dengan mengkompres air hangat. Ketika gigi terasa sakit, bagian pipi biasanya mengalami pembengkakan. Nah, untuk mengurangi pembengkakan yang ada di bagian pipi, Anda dapat memanfaatkan handuk hangat untuk mengkompres bagian pipi yang bengkak.

  1. Bawang Putih

Selain minyak cengkeh, bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi untuk ibu menyusui. Bawang putih memiliki sifat anti bakterial, dan anti radang, sehingga dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi dan juga mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat gigi berlubang. Tidak hanya itu, bawang putih juga tidak menimbulkan efek samping sama sekali terhadap produksi ASI, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Cara menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit gigi yaitu dengan menancapkan irisan bawang putih ke dalam bagian gigi yang berlubang.

Gambar Foto Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui Kimia

  1. Amoxilin

Selain menggunakan cara alami di atas, pengobatan sakit gigi pada ibu menyusui juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat kimia seperti amoxilin dan parasetamol. Meskipun tidak seaman bahan – bahan alami, akan tetapi dua jenis obat kimia ini telah terbukti tidak mempengaruhi kandungan ASI yang diproduksi oleh ibu menyusui. Meskipun begitu, untuk menjamin keamanan, ibu menyusui sebaiknya tetap melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai resep dan dosis penggunaan dua obat di atas.

  1. Panadol Biru

Cara terakhir yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil adalah dengan menggunakan panadol biru. Sama seperti halnya Amoxilin, kandungan bahan kimia yang terdapat di dalam obat kimia ini tidak mempengaruhi kandungan ASI yang diproduksi oleh ibu menyusui. Beberapa dokter dan praktisi kesehatan lainnya biasanya turut merekomendasikan obat ini, jika dua obat kimia yang sebelumnya telah terbukti tidak berhasil mengatasi sakit gigi yang dialami oleh ibu menyusui.

Must Read: Cabut Gigi Semasa Hamil

Itulah 6 obat sakit gigi untuk ibu menyusui yang telah terbukti ampuh dan aman. Semoga bermanfaat ya!