HomeTipsTips Memilih Sikat Gigi Yang Tepat & Cara Merawatnya
tips cara memilih sikat gigi

Tips Memilih Sikat Gigi Yang Tepat & Cara Merawatnya

Kualitas suatu produk sikat gigi ikut mempengaruhi kesehatan gigi anda. Meski terdengar berlebihan, memilih sikat gigi yang tidak tepat justru bisa mendatangkan penyakit. Kriteria ‘tepat’ tidaknya suatu produk dipengaruhi oleh beberapa faktor, bisa dari jenis, bentuk, merk, hingga individu itu sendiri (setiap orang berbeda). Lantas bagaimana cara menentukannya?

Tips Memilih Sikat Gigi

Berikut ini akan dijabarkan beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan saat anda ingin memilih sikat gigi yang tepat, diantaranya adalah :

Ukuran

Pilihlah kepala sikat yang mempunyai ujung mengecil sehingga akan memudahkan pergerakan bulu sikat dalam menjangkau semua permukaan gigi sampai ke bagian terujung. Pastikan juga ukuran gagang/pegangannya cukup panjang agar mempermudah anda untuk menggerakkannya.

Apabila kepala sikat terlalu besar di dalam mulut anda atau terasa tidak nyaman, segera ganti. Untuk anak-anak, pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan ukuran mulut atau usianya.

Jenis

Jenis bulu sikat merupakan salah satu faktor penting harus diketahui. Anda mungkin pernah melihat label sikat gigi, di mana terdapat tulisan mengenai pilihan soft, medium, dan hard. Anda tidak perlu bingung mengenai pilihan-pilihan tersebut. Sesuaikan dengan kekuatan gigi dan kekuatan anda dalam menyikat gigi.

Ujung bulu sikat yang terlalu keras atau kasar bisa merusak lapisan pelindung gigi, akar gigi, dan juga gusi, khususnya jika anda mempunyai kebiasaan menggosok gigi terlalu kencang.

Sikat gigi elektrik

Sikat gigi jenis ini bisa menjadi pilihan terbaik pada individu tertentu seperti penderita arthritis atau kekakuan pada tangan, lengan, maupun pundaknya.

Jika anda masih tidak yakin, anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menentukan sikat gigi yang tepat untuk anda.


Merawat Sikat Gigi

Alat yang sering anda gunakan dalam membersihkan gigi ini belum tentu selalu terjaga kebersihannya. Oleh sebab itu, anda perlu menaruh perhatian pada sikat gigi anda dengan cara merawatnya sebaik mungkin. Adapun tips yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Cuci sikat gigi dengan air keran untuk menghilangkan sisi-sisa makanan yang mungkin menempel. Anda juga bisa merendamnya dalam cairan obat kumur anti-bakteri.
  • Setelah penggunaan, anda disarankan untuk tidak menempatkan sikat gigi anda yang masih basah di dalam lemari, laci, ataupun dalam penutupnya (jika ada). Lebih baik tempatkan pada wadah seperti terbuka seperti gelas atau rak sehingga bulu sikat bisa mengering dengan sempurna. Setelah kering, masukkan ke tempat tertutup yang masih memiliki celah udara. Tidak adanya sirkulasi udara yang baik akan memicu berkembangnya bakteri.
  • Kamar mandi merupakan tempat yang paling rentan terhadap bakteri dan kuman. Oleh sebab itu, jika anda memiliki wastafel untuk mencuci tangan yang berada di luar kamar mandi, anda bisa menempatkan sikat gigi anda di area wastafel tersebut agar terhindar dari bakteri. Selain itu, hindarkan juga persentuhan antar sikat gigi ketika menyimpannya.
  • Anda disarankan untuk selalu mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. Bahkan jika bulu sikat sudah terlihat tidak layak pakai sebelum kurun waktu tersebut, sebaiknya ganti segera dengan yang baru.
  • Penggantian sikat gigi juga sebaiknya dilakukan jika anda ataupun anggota keluarga anda lainnya baru saja pulih dari sakit yang parah. Hal ini karena saat seseorang sakit, sikat gigi dapat terkontaminasi mikroba dari mulut. Bakteri atau virus yang berasal dari mulut yang terinfeksi bisa ‘bersarang’ pada sikat gigi hingga berminggu-minggu, dan pada akhirnya memiliki potensi untuk menimbulkan berbagai penyakit. Bahkan mikroorganisme baik yang ada pada sikat gigi juga bisa menimbulkan infeksi, khususnya jika gusi pengguna sedang mengalami luka.
  • Salah satu hal yang sangat ditekankan adalah tidak berbagi sikat gigi anda dengan orang lain, meskipun orang tersebut adalah anggota keluarga anda sendiri.

Demikian sekilas informasi mengenai tips dalam memilih sikat gigi yang tepat beserta cara merawatnya. Semoga bermanfaat.