HomeInfo6 Obat Gusi Bengkak, Ampuh!
Gambar Foto Ramuan yang Cocok Sebagai Obat Gusi Bengkak

6 Obat Gusi Bengkak, Ampuh!

Obat Gusi Bengkak, GigiBerlubang.com – Gusi bengkak merupakan salah satu keluhan mulut yang cukup sering diderita oleh manusia. Penyakit gusi bengkak biasanya disebabkan oleh dua faktor utama yaitu infeksi bakteri dan rendahnya kandungan vitamin C di dalam tubuh. Ketika gusi mengalami pembengkakan, sekitar bagian gusi akan terasa sangat sakit. Sakit yang timbul karena gusi bengkak bahkan biasanya terasa hingga ke bagian leher dan bagian kepala.

Nah, untuk Anda yang sering mengalami gusi bengkak, berikut ini merupakan beberapa macam obat yang telah terbukti ampuh mengatasi gusi bengkak :

Beberapa Macam Obat Gusi Bengkak

Obat Gusi Bengkak yang Layak Dicoba

  1. Analgetik (Obat Penghilang Nyeri)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, gusi bengkak biasanya menimbulkan rasa sakit yang sangat parah. Oleh sebab itu, untuk mengurangi rasa sakit yang timbul akibat gusi bengkak, Anda sebaiknya mengonsumsi obat gusi bengkak jenis analgetik sebagai pertolongan pertama ketika gusi bengkak terjadi. Beberapa analgetik yang bisa Anda manfaaatkan yaitu ibuprofen, asam mefenaman, antalgin, paracetamol, dll.

  1. Antibiotik

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebab utama terjadinya gusi bengkak adalah infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengatasi gusi bengkak, maka salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah dengan mengonsumsi antibiotik. Antibiotik telah terbukti dapat membasmi dan menghilangkan berbagai macam bakteri penyebab gusi bengkak yang ada di dalam mulut.

Meskipun telah terbukti ampuh mengatasi bakteri penyebab gusi bengkak, akan tetapi dalam memilih dan menggunakan antibiotik, Anda sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter. Hal ini perlu dilakukan agar jenis dan dosis antibiotik yang Anda konsumsi benar – benar sesuai dengan tingkat keparahan gusi bengkak yang Anda alami.

  1. Anti Radang

Gambar Foto Obat Gusi Bengkak di PasaranObat jenis anti radang dapat membantu mengurangi gejala pembengkakan yang terjadi di sekitar gusi. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengempeskan gusi bengkak Anda dengan lebih cepat, maka Anda sebaiknya turut mengonsumsi obat anti radang sebagai obat gusi bengkak penunjang antibiotik.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, obat anti radang yang dikonsumsi untuk mengatasi gusi bengkak sebaiknya merupakan obat anti radang berjenis steroid seperti dexametason, dll.

  1. Larutan Garam

Selain obat antibiotik, larutan garam juga bisa dipakai sebagai obat alternatif untuk mengatasi gusi bengkak. Seperti yang kita ketahaui bersama, bakteri tidak dapat hidup di lingkungan berkadar garam tinggi. Oleh karena itu, sebagai penanganan pertama terjadinya gusi bengkak, Anda dapat mengonsumsi larutan air garam untuk menghambat dan membasmi bakteri penyebab gusi bengkak.

  1. Air Putih

Obat gusi bengkak yang kelima adalah air putih. Meskipun tidak dapat mengobati gusi bengkak secara langsung, akan tetatpi mengonsumsi banyak air putih dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab gusi bengkak yang melekat di bagian gusi dan sela – sela gigi. Tidak hanya itu, mengonsumsi banyak air putih juga dapat membantu merangsang aktivitas produksi air ludah yang berguna untuk mengendalikan bakteri yang ada di mulut.

  1. Makanan yang Kaya Akan Vitamin C, Kalsium, dan Asam Folat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu penyebab utama terjadinya gusi bengkak adalah rendahnya kandungan vitamin C, kalsium, dan asam folat di dalam tubuh. Oleh karena itu, jika Anda ingin terhindar dari penyakit gusi bengkak, maka salah satu jalan yang dapat ditempuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, kalsium, dan asam folat.

Baca juga: Pahami Resiko Mencaut Geraham Atas

Itulah beberapa macam obat gusi bengkak yang telah terbukti ampuh mengatasi permasalahan gusi bengkak.