HomeTips6 Cara Mencegah Karies Gigi
mencegah karies gigi

6 Cara Mencegah Karies Gigi

Karies gigi terjadi karena sisa-sisa makanan ataupun gula pada permukaan gigi mengalami perubahan bentuk menjadi asam oleh karena bakteri. Maka dari itu, sebelum hal tersebut terjadi, kenali penyebab dan cara mencegah karies gigi.

Gigi manusia mempunyai 3 lapisan. Lapisan pertama adalah enamel, merupakan lapisan terluar gigi yang keras. Di bagian tengahnya terdapat lagi lapisan yang disebut dentin. Kemudian, ada juga bagian pusat gigi yang terdiri dari saraf dan pembuluh darah. Pusat gigi tersebut dinamakan pulp. Semakin dalam lapisan yang terinfeksi oleh bakteri, maka akan menimbulkan kerusakan gigi yang semakin parah.

Penyebab dan Cara Mencegah Karies Gigi

Kebiasaan buruk seperti malas merawat gigi ataupun mengonsumsi makanan-makanan manis adalah beberapa diantara penyebab karies gigi. Seperti kalimat┬ábijak “Mencegah lebih baik daripada mengobati”, maka anda disarankan untuk melakukan tindakan untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mecegah karies gigi, diantaranya adalah :

1. Menggosok gigi dan flossing

Sikatlah gigi anda secara teratur, setidaknya 2 kali sehari, khususnya setelah makan. Selain itu, gunakan juga pasta gigi ber-fluoride. Walaupun anda telah menggosok gigi, anda juga disarankan untuk membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

2. Berkumur dengan air ber-fluoride

Jika tidak sempat menggosok gigi setelah makan, usahakan untuk kumur dengan air putih. Akan lebih baik jika anda berkumur dengan air yang mengandung fluoride.

3. Makan makanan yang ramah dan menyehatkan gigi

Makanan-makanan seperti keripik dan permen sangat mudah terselip dan melekat pada sela-sela gigi untuk waktu yang lama. Jadi sebaiknya mengurangi atau menghindari jenis-jenis makanan seperti ini. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Terlebih lagi, buah dan sayuran sangat baik untuk gigi karena bisa membantu meningkatkan produksi air liur yang berperan membantu membersihkan gigi secara alami. Alternatif lainnya yang dapat membantu membersihkan gigi adalah permen karet tanpa kandungan gula dan kopi/teh yang tidak ditambahkan pemanis.

Baca juga : Cara Menghilangkan Plak Gigi

4. Kurangi Camilan dan Minuman Manis

Snack atau makanan ringan memang sangat menggoda untuk mengisi waktu santai anda. Namun jika anda peduli dengan gigi anda, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsinya. Apalagi jika camilan yang dikonsumsi adalah yang tinggi karbohidrat dan gula sehingga akan menimbulkan asam di mulut.

Hal ini pada akhirnya akan membuat ‘senang’ bakteri di mulut yang akan ‘bergerilnya’ untuk merusak gigi anda. Selain camilan, minuman manis dalam kemasan sebaiknya juga dihindari karena juga berpotensi merusak ggi.

5. Perawatan gigi dengan terapi fluor

Flouride dapat diperoleh dari pasta gigi. Apabila anda tidak mendapatkan cukup fluoride, anda bisa mengunjungi dokter gigi untuk memperoleh terapi fluoridasi berupa suplemen atau yang dioles.

6. Perawatan gigi antibakteri

Pada sebagian individu, kondisi tubuh bisa membuat gigi rentan terhadap berbagai kerusakan. Dokter akan memberikan obat kumur antibakteri maupun terapi lainnya yang bertujuan menghalau bakteri di mulut.

Baca juga : Kenali Penyebab Gigi Sensitif

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mencegah karies gigi. Semakin dini anda menerapkan beberapa tips merawat gigi di atas, semakin kecil pula untuk mengalami karies gigi. Kalau pun anda sudah rajin merawat gigi anda namun tetap mengalami karies gigi, maka penanganannya tidaklah begitu berat. Semoga bermanfaat.