HomeInfoKetahui Cara Menghilangkan Plak Gigi
cara menghilangkan plak gigi

Ketahui Cara Menghilangkan Plak Gigi

Cara menghilangkan plak gigi – Plak gigi dapat mengakibatkan berbagai kerusakan, baik pada gigi ataupun gusi. Adapun terbentuknya plak gigi disebabkan oleh menempelnya berbagai macam bakteri di gigi. Plak gigi akan terlihat sangat jelas saat gigi tidak disikat. Bentuk plak terlihat seperti lapisan licin, tipis berwarna putih atau kuning yang biasanya terdapat diantara gigi dan sepanjang batas gusi.

Mengapa Bisa Timbul Plak Gigi?

Plak terjadi saat anda makan/minum makanan/minuman tertentu seperti susu, permen, kue, minuman ringan, ataupun produk yang mengandung karbohidrat, yang tertinggal di gigi. Kondisi tersebut menyebabkan bakteri yang ada di mulut mengeluarkan asam, yang pada akhirnya bisa menghancurkan lapisan pelindung terluar gigi (Enamel) serta menyebabkan gigi berlubang.

Beberapa Permasalahan Akibat Plak Gigi

Apabila dibiarkan begitu saja, plak bisa menyebabkan kerusakan pada gigi, bahkan juga gusi. Beberapa permasalahan tersebut meliputi :

Gigi berlubang atau membusuk
Jika kondisi ini tidak ditangani secepatnya, maka kerusakan bisa menyebar sampai pulpa (lapisan akar) di tengah gigi. Selain itu juga dapat menyebabkan sakit gigi dan abses.

Gingivitis
Merupakan peradangan di gusi yang membuat gusi menjadi bengkak dan merah.

Periodontitis
Adalah infeksi pada gusi yang menyebar dan bisa mengakibatkan kerusakan tulang gigi di area rahang. Kondisi ini terjadi apabila gingivitis memburuk. Periodontitis menyebabkan terbentuknya celah antara gusi dan gigi. Jika dibiarkan dan tidak diatasi seger, maka gigi akan melepaskan diri dari gusi secara perlahan-lahan, dan akhirnya copot.

Kalkulus
Disebut juga dengan tartar, yakni lapisan plak yang mengeras seperti semen. Kondisi ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan sikat gigi.

Cara Menghilangkan Plak Gigi

Selain menyebabkan penyakit dan gigi berwarna kuning, plak gigi juga akan mempengaruhi senyum anda, jadi lebih tidak enak untuk dilihat. Oleh sebab itu, anda harus melakukan tindakan penanganan maupun pencegahannya. Berikut ini akan dijelaskan cara menghilangkan plak gigi serta cara mencegahnya.

1. Menggosok gigi

Salah satu cara terbaik untuk mencegah plak adalah dengan menggosok gigi setidaknya 2 kali dalam sehari. Menggosok gigi secara teratur, pagi dan malam, akan membantu mencegah terbentuknya plak serta juga menghancurkan plak yang baru mulai terbentuk.

Bakteri yang menyebabkan plak akan terus berkembang. Oleh sebab itu, menggosok gigi harus dilakukan teratur. Dianjurkan untuk menggunakan sikat gigi berbulu lembut serta pasta gigi ber-fluoride. Lakukan hal tersebut selama 2 menit. Selain menciptakan permukaan yang lebih keras, fluoride berfungsi melindungi gigi dengan cara mengikat enamel. Sebaiknya, pastikan juga seluruh area mulut seperti gusi, lidah, gigi, dan bagian dalam pipi tersikat dengan bersih.

2. Hindari makanan tertentu

Hindari makanan atau minuman manis dan lengket semacam permen, minuman bersoda, camilan berlapis coklat, kismis, dan sejenisnya. Apabila anda menginginkan camilan, pilihlah yogurt murni yang tidak ada pemanis atau perasa tambahan. Anda juga bisa memilih buah, sayuran mentah, dan keju. Sayuran seperti seledri dapat membantu menghilangkan sisa makanan serta membantu air liur untuk menetralkan asam penyebab plak.

3. Benang Gigi

Lakukan perawatan rutin menggunakan benang gigi, setidaknya sekali sehari sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri maupun sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

4. Kumur

Berkumurlah dengan obat kumur (bukan mouthwash penyegar napas) atau mouth rinse sebanyak 2 kali sehari selama 30 menit. Obat kumur bermanfaat dalam mencegah penumpukan plak, dan ini bahkan lebih baik dari menyikat gigi maupun menggunakan benang gigi.

5. Kunjungi Dokter Gigi

Rutinlah untuk mengunjungi dokter gigi langganan anda setidaknya 6 bulan sekali untuk memastikan kondisi kesehatan gigi dan mulut anda secara kesuluruhan.


Demikian informasi mengenaiĀ tips dan cara menghilangkan plak gigi. Jika anda menyadari bahwa gigi anda tertutup oleh plak, anda tidak perlu panik. Plak gigi bisa dihilangkan dengan menerapkan beberapa cara dan tips yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.