HomeInfo5 Penyebab Gigi Hitam
penyebab gigi hitam

5 Penyebab Gigi Hitam

Gigi hitam bisa terjadi karena beberapa sebab, seperti gigi rusak atau mengonsumsi makanan/minuman tertentu. Gigi hitam tidak hanya mengganggu penampilan saat anda tersenyum, namun juga bisa menjadi indikator bahwa kondisi gigi anda sedang bermasalah.

Penyebab Gigi Hitam

Pada sesi ini akan dijelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi hitam. Beberapa penyebabnya adalah :

1. Karies

Karies atau gigi rusak menjadi salah satu penyebab gigi hitam. Karies dapat terjadi saat bakteri atau kuman dalam mulut menghasilkan asam yang akan menggerogoti gigi. Permasalahan seperti karies ini bisa menyebabkan gigi berlubang. Apabila tidak ditangani segera maka bisa menimbulkan nyeri, infeksi, bahkan gigi ompong.

Karies dapat dihindari apabila kita rajin merawat gigi dengan menyikatnya dua kali sehari dan rajin kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali. Menghindari makanan manis juga efektif dalam menghindari karies. Jika anda sudah mengalami karies, maka kondisi tersebut bisa diatasi dengan filling, root canal, crown, implan, dan bridge.

2. Pulp Necrosis

Pulpa nekrotik atau pulp necrosis adalah matinya pulpa gigi yang disebabkan oleh kerusakan atau trauma gigi. Jika pulpa mati, biasanya gigi terlihat abu-abu atau/dan kehitam-hitaman. Pulp necrosis dapat diatasi dengan perawatan endodontik dengan cara restorasi permanen dan bleaching, atau juga dengan cara pencabutan gigi tersebut.

3. Konsumsi Obat Tertentu

Obat-obatan tertentu diketahui dapat mengubah warna gigi dan gusi, contohnya adalah minocycline. Obat penghilang jerawat tersebut bisa membuat gigi atau gusi berubah warna jadi kehitaman. Selain itu, ada juga obat kumur yang dapat menyebabkan gigi hitam seperti chlorhexidine yang digunakan untuk meringankan rasa sakit gusi. Apabila anda menyadari obat yang anda konsumsi memberikan pengaruh tertentu terhadap warna gigi anda, segera hubungi dokter.

4. Merokok

Bukan menjadi rahasia lagi jika merokok sering dikaitkan dengan pengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh, termasuk diantaranya adalah gigi. Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan gigi hitam.

5. Minuman

Minuman berwarna gelap seperti teh dan kopi diketahui dapat mempengaruhi warna gigi. Jika anda sering mengonsumi minuman seperti ini, maka gigi anda berpotensi berubah warna menjadi kehitaman seiring berjalannya waktu.

Sebagai informasi, permukaan luar gigi sangatlah berpori sehingga warna minuman akan terserap dengan mudah serta mengendap di dalam gigi. Hal ini membuat gigi jadi menghitam. Beberapa minuman lainnya meliputi minuman beralkohol, kola, dan anggur merah.

Untuk mengatasi noda kehitaman akibat sering minum minuman berwarna gelap, cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan pumice untuk menghilangkan noda serta profilaksis pasta yang berfungsi memmperhalus permukaan gigi. Cara lain adalah dengan menggunakan prophyjet/air-polishing device, di mana teknisnya adalah dengan menyemprotkan campuran air dan bubuk baking soda halus pada permukaan gigi.

Tips sederhana

Kabar baiknya, gigi hitam yang disebabkan minuman berwarna gelap bisa dicegah dengan beberapa langkah berikut ini :

  • Jika anda sering minum kopi, sebaiknya tambahkan sedikit susu agar warna kopi jadi terlihat cerah & meringankan rasa kopinya. Selain itu anda juga bisa mendapatkan manfaat dari vitamin D dan kalsium dari susu yang diketahui dapat membantu menguatkan gigi. Selain itu, anda juga dianjurkan menggunakan sedotan saat minum kopi dan sikat gigi segera setelah meminumnya.
  • Bagi penyuka teh, sebaiknya mulai mencoba teh hijau, teh herbal, ataupun teh putih. Hal ini karena warna dari jenis-jenis teh tersebut tergolong lebih ringan dan tidak menodai gigi dibandingkan dengan teh biasa.

Agar gigi hitam tidak terjadi pada anda, rajin-rajinlah dalam merawat gigi setiap hari. Hindari juga kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok ataupun minum minuman beralkohol. Anda tetap disarankan untuk berkunjung ke dokter gigi secara rutin, setidaknya 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat.