HomeTips6 Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami, Ampuh!
Gambar Foto Cara Membersihkan Karang Gigi Bagian Depan Secara Alami

6 Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami, Ampuh!

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami, GigiBerlubang.com – Keberadaan plak dan karang gigi dapat membuat gigi lebih mudah rusak. Gigi yang dipenuhi dengan plak atau pun karang gigi biasanya cenderung terserang bakteri penyebab gigi berlubang atau pun bakteri penyebab bau mulut. Jika tidak segera dibersihkan, karang gigi dapat merusak lapisan email yang ada pada gigi dan akhirnya gigi pun menjadi lebih mudah berlubang.

Gambar Foto Cara Membersihkan Karang Gigi Bagian Dalam Secara AlamiUntuk bisa terhindar dari berbagai permasalahan yang mungkin ditimbulkan oleh karang gigi, maka Anda sebaiknya membersihkan karang yang ada pada gigi Anda secara rutin. Beberapa cara alami yang telah terbukti dapat digunakan untuk menghilangkan karang yang ada pada gigi yaitu :

Beberapa Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami Dari Kebiasaan Diri

  1. Gosok Gigi Rutin

Menggosok gigi secara rutin dapat membantu menipiskan lapisan plak dan karang yang ada pada gigi. Meskipun tidak terlalu menghasilkan dampak yang signifikan, akan tetapi menggosok gigi dengan benar secara rutin merupakan cara yang paling mudah dan juga efektif untuk menghilangkan dan mencegah timbulnya karang pada gigi.

  1. Gosok Gigi dengan Biji Asam Kawak

Sama seperti halnya bahan yang mengandung asam lainnya, biji asam kawak memiliki sifat abrasif, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pengikis karang pada gigi. Untuk menggunakan biji asam kawak sebagai bahan pasta gigi, Anda hanya perlu menghaluskan biji asam kawak, lalu menggunakan bubuk biji asam kawak sebagai pengganti pasta gigi Anda.

  1. Makan Buah Apel

Mengonsumsi buah apel yang tidak dikupas kulitnya juga telah terbukti dapat mengikis lapisan plak dan karang yang ada pada gigi. Menurut beberapa penelitian, lapisan kulit apel memiliki kandungan zat asam yang cukup tinggi. Sehingga jika dikonsumsi secara teratur dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk membersihkan karang yang melekat pada gigi.

  1. Gosok Gigi dengan Cengkeh

Cara membersihkan karang gigi secara alami yang keempat adalah menggosok gigi dengan menggunakan Cengkeh. Bila digunakan untuk menggosok gigi, Cengkeh memiliki sifat yang abrasif, sehingga sangat cocok dipakai untuk mengangkat lapisan plak dan juga karang pada gigi. Tidak hanya itu, menggosok gigi dengan bubuk cengkeh juga bisa mencegah perkembangan bakteri penyebab bau mulut dan bakteri penyebab gigi berlubang yang ada di dalam mulut.

  1. Gosok Gigi dengan Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki sifat abrasif. Karena memiliki sifat yang abrasif, bahan makanan yang satu ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan perontok karang gigi.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu membuat pasta gigi dari baking soda dengan jalan mencampurkan baking soda dengan air, lalu mengaduknya hingga berubah menjadi pasta. Setelah pasta terbentuk, Anda tinggal menggunakannya secara rutin sebagai pengganti pasta gigi, hingga karang gigi yang ada di gigi Anda hilang.

  1. Kumur – kumur Air Garam

Cara membersihkan karang gigi yang terakhir adalah dengan berkumur – kumur menggunakan air garam. Hampir sama dengan bubuk cengkeh, air garam dapat membantu merontokkan flak dan karang gigi sekaligus membasmi bakteri yang ada pada rongga mulut dan gigi.

Untuk menggunakan air garam, Anda hanya perlu membuat larutan air garam hangat, lalu menggunakannya untuk berkumur – kumur secara rutin setiap hari menjelang tidur setelah sikat gigi.

Ketahui: Penyebab Karang Gigi

Itulah 6 cara membersihkan karang gigi secara alami yang layak untuk Anda coba. Semoga bermanfaat ya!