HomeInfoObat Sakit Gigi Yang Ampuh & Tips Sederhana Atasi Nyeri
obat sakit gigi

Obat Sakit Gigi Yang Ampuh & Tips Sederhana Atasi Nyeri

Obat sakit gigi mungkin menjadi salah satu jenis obat yang sering terlupakan untuk disimpan ke dalam kotak obat di rumah. Hal tersebut cukup wajar mengingat kondisi seperti sakit gigi jarang dialami. Kita lebih mendahulukan menyimpan obat-obatan seperti obat demam, flu, batuk, ataupun sakit kepala, di mana kondisi-kondisi tersebut kerap datang di waktu yang terduga.

Meski demikian, sebaiknya anda mulai mempertimbangkan untuk menyimpan obat sakit gigi di rumah. Hal ini karena sakit gigi bisa menimbulkan rasa nyeri yang hebat, yang dapat mengganggu aktivitas anda. Saat anda mengalami sakit gigi yang datang secara tiba-tiba, maka obat sakit gigi bisa menjadi solusi awal terbaik untuk meringankan rasa nyeri yang terjadi sebelum anda memeriksakan lebih lanjut ke dokter gigi.

Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter karena penanganan sakit gigi yang anda alami tergantung dari penyebabnya. Bisa karena kondisi gigi ataupun kondisi gusi yang tidak sehat. Nah karena anda belum mengetahui penyebabnya secara pasti, maka sebagai langkah penanganan darurat sebelum ke dokter gigi, obat sakit gigi bisa menjadi opsi terbaik. Lantas, obat jenis apa yang efektif untuk menanganinya?

Obat Sakit Gigi Yang Dijual Bebas

Anda bisa membeli obat sakit gigi yang dijual bebas di apotek. Obat-obatan tersebut cukup ampuh namun sifatnya hanya meringankan atau meredakan rasa sakit saja. Adapun beberapa obat sakit gigi yang bisa anda pertimbangkan tanpa resep dokter adalah sebagai berikut :

  • NSAIDs atau Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs, yakni obat-obatan anti peradangan seperti naproxen dan ibuprofen.
  • Bagi orang dewasa bisa mengoleskan gel benzocaine, anda bisa membelinya di apotek. Gel ini hanya digunakan untuk jangka pendek dan berperan memberikan kekebalan pada gigi terhadap rasa sakit.
  • Acetaminophen.
  • Hidrogen Peroksida juga terbilang ampuh untuk meredakan rasa sakit.
  • Untuk meredakan rasa sakit, minyak cengkeh bisa dioleskan beberapa kali dalam sehari. Cara lainnya adalah menggunakan kapas basah dengan minyak cengkeh, lalu gigit di dekat gigi yang sedang bermasalah (terasa sakit).

Sedangkan apabila anda ke dokter gigi, biasanya dokter akan menggunakan obat yang lebih beragam. Obat bius oles (anestesi topikal) akan diberikan di area yang sakit. Selanjutnya dokter akan menyuntikkan obat bius lokal setelah efek kebas muncul. Pemberian 2 kali obat bius tersebut bertujuan untuk mencegah rasa sakit secara optimal sebelum menjalani prosedur laser atau bedah untuk menangani lubang di gigi.

Apabila sakit gigi disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dokter akan memberi resep antibiotik. Pada beberapa kasus, dokter mungkin akan menggunakan laser dingin fototerapi ataupun suntikan di sekitar gigi yang sakit.

Himbauan

Walaupun dijual bebas dan mudah didapat, anda tetap harus mengetahui rambu-rambu saat menggunakan obat-obatan tersebut.

  • Sebaiknya tidak berganti-ganti obat antara jenis acetaminophen dan ibuprofen agar tidak kelebihan dosis, khususnya pada anak-anak.
  • Jangan mengonsumsi obat lebih dari dosis yang tercantum di kemasan obat. Melebihkan dosis tidak akan membuat rasa sakit cepat hilang.
  • Hindari obat yang pernah menyebabkan anda alergi.
  • Hindari obat sakit gigi yang tidak dianjurkan seperti methamphetamine. Jenis obat seperti ini berisiko menyebabkan gangguan gigi dan gusi.
  • Ibu hamil tidak disarankan menggunakan obat selain acetaminophen kecuali jika diresepkan dokter.
  • Baca petunjuk penggunaan obat pada kemasan.

Apabila anda mengalami kondisi lain seperti gigi sensitif, anda disarankan untuk menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Di sisi lain, jika anda menyadari bahwa rasa sakit yang terjadi terkait dengan kondisi gusi, seperti terlihat membengkak atau memerah, anda bisa menggunakan pasta gigi pengontrol tartar yang memiliki kandungan fluoride.

Tips Mengatasi Sakit Gigi Ringan

Selain menggunakan obat, anda juga bisa menangani sakit gigi yang ringan dengan cara berikut ini :

  • Berkumur dengan air larutan garam.
  • Kompres pipi di area yang terasa sakit. Bungkus kantong es menggunakan kain atau handuk. Hindari menempelkan es langsung di gigi yang sakit.
  • Hindari pula makanan atau minuman terlalu panas, dingin, ataupun manis.

Sebagai penutup, perlu diingatkan kembali bahwa penggunaan obat sakit gigi hanyalah bersifat meringankan dan sementara saja. Selagi anda mengonsumsinya, segera jadwalkan waktu anda dengan dokter gigi untuk berkonsultasi agar bisa diketahui permasalahan sebenarnya, sehingga akan mendapatkan penanganan yang tepat.